Cari Info Mengenai Gangguan Kesehatan Mental di SehatQ.com


Menurut WHO (World Health Organization), satu dari lima orang mengalami gangguan mental. Dari jumlah tersebut, hampir dua pertiga penderita gangguan mental belum pernah menerima pengobatan.Dengan mengetahui lebih banyak tentang kesehatan mental, pasien dapat segera menerima perawatan yang sesuai.

Apa Gangguan Kesehatan Mental

Kesehatan mental mencakup kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial. Penyakit mental dapat mempengaruhi kesehatan mental, seperti halnya kesehatan fisik. Penyakit mental merupakan penyakit yang berpengaruh terhadap otak dengan cara mengganggu keseimbanganyang ada dalam otak.

Penyakit mental dapat menyebabkan gangguan ringan hingga parah pada cara Anda berpikir, merasakan, bertindak, dan memandang orang dan peristiwa dalam hidup Anda. Gangguan mental bisa menjadi kondisi kronis, tapi bisa diobati dengan bantuan dokter.

Beberapa gangguan yang lebih umum termasuk: depresi, kecemasan, gangguan bipolar, PTSD(stres pasca-trauma), OCD (obsesif kompulsif), dan psikosis. Beberapa penyakit mental hanya terjadi pada tipe pasien tertentu; depresi pasca persalinan hanya mempengaruhi ibu baru setelah melahirkan.

Kesehatan mental umumnya dipengaruhi oleh peristiwa yang berdampak besar pada perilaku dan kepribadian seseorang. Peristiwa ini dapat berupa pelecehan anak,kekerasan dalam rumah tangga,dan juga stres jangka panjang yang semakin parah.

Kondisi tersebut bisa mengubah cara seseorang dalam menghadapi stres,membuat pilihan, dan juga berhubungan dengan orang lain. Selain itu, masalah kesehatan mental bisa berujung pada tindakan menyakiti diri sendiri. Untuk itu, kesehatan mental harus dijaga sejak masa kanak-kanak hingga remaja hingga dewasa.

Penyebab Gangguan Kesehatan Mental

Tidak pasti apa yang menyebabkan gangguan jiwa. Namun, diketahui bahwa kondisi tersebut terkait dengan faktor biologis dan psikologis, seperti yang akan dijelaskan di bawah ini:

1. FaktorBiologis

  • Gangguan fungsi sel saraf di otak
  • Infeksi misalnya yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus
  • Kelainan bawaan atau kerusakan otak
  • Kerusakan otak akibat tabrakan atau kecelakaan
  • Kekurangan oksigen di otak bayi selama persalinan
  • Faktor genetik dari orang tua
  • Penyalahgunaan narkoba jangka panjang
  • Kekurangan Gizi.

2. Faktor Psikologis

  1. Peristiwa traumatis seperti kekerasan dan pelecehan seksual
  2. Kehilangan orang tua atau pengabaian pada masa kecil
  3. Kurang mampu bergaul dengan orang lain
  4. Perceraian atau kematian pasangan
  5. Kesepian dan perasaan rendah diri.

Selain faktor psikologis yang tercantum di atas, WHO juga menyatakan bahwa berada dalam situasi pandemi seperti pandemi COVID-19 juga bisa menjadi faktor yang meningkatkan kerentanan masyarakat terhadap gangguan kesehatan mental.

Stres semacam itu dapat diakibatkan oleh ketakutan dan kecemasan akan kesehatan, keuangan atau pekerjaan, yang diderita banyak orang akibat pandemi.

Cara Menjaga Kesehatan Mental

Untuk bisa menjaga kesehatan mental, Anda perlu belajar bagaimana cara mengelola kesehatan mental. Manajemen kesehatan mental bisa dipenuhi dengan 4 aspek berikut ini :

1. Heal

Anda harus belajar tentang cara menjaga kesehatan mental dan membuat pilihan yang sehat untuk mendukung kesejahteraan fisik dan emosional.

2. Home

Anda harus bisa bekerja sama dengan teman, keluarga, dan tim medis untuk menciptakan tempat tinggal yang aman dan stabil.

3. Purpose

Anda perlu mengambil bagian dalam aktivitas sehari-hari, menjadi sukarelawan atau menjaga keluarga Anda sendiri. Bangun finansial dengan baik dengan tetap bekerja untuk menghidupi diri Anda sendiri.

4. Community

Anda dapat bergabung dengan grup tertentu untuk membangun hubungan dan jejaring sosial.

Untuk bisa mencapai empat tujuan tersebut, Anda bisa melakukan hal-hal dibawah ini:
    • Cari bantuan profesional jika perlu
    • Bangun hubungan baik dengan orang lain
    • Menjadi lebih positif
    • Melakukan aktivitas aktif secara fisik
    • Untuk membantu orang lain
    • Tidur nyenyak
    • Kontrol diri.

Ketika Anda gangguan kesehatan mental, Anda tidak boleh putus asa. Pengalaman tersebut bisa membuat seseorang menjadi lebih kuat. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengatasi penyakit mental Anda dengan segera tanya dokter mengenai kondisi mental Anda. Untuk informasi lain mengenai dunia kesehatan Anda bisa melihatnya di website SehatQ.

Tidak ada komentar untuk "Cari Info Mengenai Gangguan Kesehatan Mental di SehatQ.com"